Selasa, 16 April 2013

Yamaha Undang Komunitasnya Sosialisasi Fuel Injection

0 komentar
 
Perkembangan teknologi di pabrikan beberapa ATPM motor kini semakin canggih dengan mulainya di gunakan sistem FI (Fuel Injection) yaitu teknologi yang akan mengantikan sistem karburator. Fuel berarti bahan bakar dan Injection berarti penyemprotan berarti sistem baru ini seiring berjalannya waktu akan menggantikan karburator yang cara kerjanya menyedot bahan bakar ke kerburator. Tujuan Pemakaian sistem injection sangatlah beragam,diantaranya :

-efesiensi bahan bakar
-performa
-daya tahan
-biaya parawatan murah
-kemampuan untuk di diagnosa kerusakan
-kemampuan dioperasikan dimana saja

Begitu juga dengan Yamaha yang saat ini sedang gencarnya memproduksi motornya dengan sistem fuel injection mencoba mensosialisasikan Fuel Injection ke club/comunitas-nya. Sabtu 13 april 2013 beberapa club/comunitas Yamaha di undang untuk datang ke Dealer Pusatnya di DDS Cempaka putih Jakarta. Club yang hadir diantaranya :
KCDj (King Club Djakarta)
JNC (Jakarta Nuovo Club)
JFA (Jakarta F1ZR Asosiation)
JJC (Jakarta Jupiter Club)
FOI (Fino Owner Indonesia)
JVMC (Jakarta Vega Motor Club)
YMCI (Yamaha MX Club Indonesia
BYONIC (Byson Yamaha Owner Indonesia Club)
SGCI (SoulGT Club Indonesia)
YMML (Yamaha Matic Mailing List)
Acara di Mulai Pukul 10.00wib dengan penjelasan apa sih Fuel Injection itu serta keunggulannya dari sistem karburator karna Fuel Injection menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.acara seminar berjalan lancar para peserta sangat antusias menyimak dan juga berinteraksi saat sesi tanya jawab.
Tidak hanya teori yang di jelaskan kami juga akan mengajak para peserta untuk praktek langsung di workshop kami”cetus Pak Aris salah satu anggota KCDj yang kini bekerja di Yamaha.
Saat di workshop para peserta juga menikmati kelas praktek dengan sangat enjoy dan bisa di pahami tentang teknologi fuel injection ini. "Bagian utama dari sebuah sistem injeksi elektronik (EFI) adalah Unit Kontrol Mesin(Engine Control Unit/ECU), yang akan memonitor kegiatan mesin melalui berbagai sensor. Sensor-sensor ini akan dipergunakan oleh ECU untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diinjeksikan dan mengontrol mesin dengan cara memanipulasi jumlah air dan udara yang masuk. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari beberapa faktor seperti suhu mesin, kecepatan rotasi mesin, dan komposisi gas buang.Injektor bahan bakar ini biasanya tertutup, dan terbuka untuk menginjeksikan bahan bakar ketika ada listrik yang mengalir di gulungan solenoid"penjelasan dari salah satu trainer yang sempat saya catat.
Setelah kelas praktek para peserta juga di ajak untuk test ride beberapa motor injeksi Yamaha seperti Vixion Lighting,Xeon RC,Mio GT,juga Soul GT.
Selesai sudah acara Sosisalisasi Fuel Injection dari Yamaha ini di tutup dengan beberapa photo sesion. "acara ini akan terus kami sosialisasikan kepada para club/cumunitas Yamaha secara berkala nantinya,"ucap Pak Aris dari Yamaha. Jadi bagi yang ingin tahu lebih tentang Fuel Injection Yamaha bisa ajak teman-teman clubnya untuk mendaftar.

via : http://www.facebook.com/INriders

0 komentar:

Posting Komentar